Welcome Myspace Comments

Kamis, Desember 29, 2011

The Iconic 101Z

Lee pertama kali memakai zipper pada produk-produknya pada tahun 1926 dan mulai saat itu menjadi trensetter di industri denim dengan inovasi penggunaan zippernya. Sejak saat itu zipper ditambahkan menjadi sebuah standar dalam workwear seperti pada jeans, work pants dan juga work jacket dan juga overalls. Produk yang paling dikenal dan populer di dunia denim adalah produk celana jeans Lee yang bertajuk Lee 101Z, dimana Z nya merupakan singkatan dari Zipper yang merupakan inovasi pada jamannya. Semenjak Lee memakaikan zipper pada 101z, brand lain pun mulai mengikuti jejak Lee dan mengakui inovasi dari Lee sebagai salah satu brand besar pada jaman dulu hingga saat ini.





Selain populer pada industri pekerja dan industri jeans yang dekat hubungannya dengan koboi dan kehidupan ranch, Lee 101Z juga populer di kalangan anak muda. Terlebih ketika pada sekitar tahun 50an Lee memperkenalkan model 101Z dengan cutting yang slim dan menyerupai tailored pants yang sepertinya digandrungi pada jaman tersebut. Selain itu Lee 101z yang ikonik juga tambah populer ketika artis Hollywood legendaris seperti James Dean dan Steve McQueen memakai produk 101Z pada beberapa film.






James Dean sudah seperti sebuah ikon bagi Lee, karena dia membawa wajah Lee yang tadinya terkenal di workwear dan ranchwear ke dunia baru yaitu Hollywood. Sering kita melihat foto-foto James Dean dengan Lee 101Z-nya dengan siluet slim dan tailored, baik di foto kehidupan pribadinya sampai ke film seperti Rebel Without A Cause. Pada tahun 2006, celana Lee 101z Riders jeans original yang dipakai oleh James Dean dilelang hingga nilai $35.850. Lee Japan kemudian membuat replica jeans tersebut.




Selain itu aktor-aktor seperti Steve McQueen juga sempat terlihat dengan Lee 101Z di filmnya The Hunter hingga Robert De Niro yang memerankan Travis Bickle pada Taxi Driver juga terlihat menggunakannya. Kedua celana di film The Hunter dan Taxi Driver bisa kita lihat replicanya yang dibuat oleh produsen fanatik Jepang seperti Toys McCoy’s dan Real McCoy’s. Selain itu Lee 101z kembali diproduksi dan dibangkitkan kembali melalui line 101 Europe yang menawarkan desain yang kaya dengan heritage namun disisipkan sisi modern. Terbukti bahwa Lee 101z merupakan produk paling ikonik dari Lee dan sampai saat ini masih hidup dan populer.



Tidak ada komentar: